Prinsip Kerja Wika Heat Pump

PRINSIP KERJA WIKA HEAT PUMP WATER HEATER / PEMANAS AIR WIKA HEAT PUMP

1.1 PRINSIP KERJA HEAT PUMP

Sebenarnya semua sistem refrigerasi bisa disebut heat pump, karena sistem-sistem tersebut menyerap energi kalor pada tingkat suhu yang rendah dan membuangnya ke tingkat suhu yang lebih tinggi. Akan  tetapi diantara pemakaian sistem-sistem refrigerasi telah dikembangkan  suatu sistem yang dinamakan HEAT PUMP, yaitu suatu sistem yang memanfaatkan kalor yang dilepaskan di kondensor untuk Pemanasan air, jadi tidak dibuang ke atmosfir.

 

cara kerja heatpump water heater

 

1.2 MODE PEMANASAN

Katup empat arah (Four Way Valve) mengatur secara otomatis sehingga gas refrigerant bertekanan tinggi dari kompresor pertama-tama mengalir ke penukar kalor (Heat Exchanger) didalam arus air yang dikondisikan. Pada proses pengembunannya, refrigerant tersebut melepas kalor, memanaskan air. Refrigerant berubah menjadi cair kemudian mengalir ke alat expansi (Capiler/Thermal Expansion valve) menjadi bertekanan rendah dan dingin. Kemudian refrigerant dingin bertekanan rendah tersebut mengalir di evaporator utuk menyerap kalor dari udara luar sambil menguap dan berubah fase menjadi gas bertekanan rendah. Kemudian kembali lagi ke kompressor.

 

mode pemanasan heat pump water heater

 

1.3 MODE PENDINGINAN

Katup empat arah (Four Way Valve) bergeser ke posisi yang berlawanan sehingga gas refrigerant bertekanan tinggi dari kompresor pertama-tama mengalir ke evaporator, dimana gas refrigerant melepas kalor ke atmosfir / udara luar selama proses pengembunan. Refrigerant berubah menjadi cair kemudian mengalir ke alat expansi (Capiler/Thermal Expansion valve) menjadi bertekanan rendah dan dingin. Kemudian refrigerant dingin bertekanan rendah tersebut mengalir di alat penukar kalor (Heat Excchanger) untuk menyerap kalor dari air yang dikondisikan sambil menguap dan berubah fase menjadi gas bertekanan rendah. Kemudian kembali lagi ke kompressor.

mode pendinginan heatpump water heater