Kelistrikan Solar Water Heater Wika

Seringkali konsumen mempertanyakan penyebab unit wika solar water heater atau pemanas air matahari nya tidak panas seperti biasanya, hal ini biasanya terjadi kebanyakan pada saat musim penghujan. Sedangkan pada hari - hari biasanya tidak masalah . Nah kali ini saya akan membahas tentang penyebab wika solar water heater tidak panas.

 

Hal pertama yang harus disadari bahwa prinsip kerja Wika Solar Water Heater sangat mengandalkan panas dari sinar matahari. Pada saat matahari tidak mencukupi misalnya mendung atau hujan. Maka Solar Water Heater tidak dapat atau kurang menghasilkan air panas yang cukup . Temperatur yang dihasilkan sangat rendah. dan dikarenakan suhu air yang panas berada di posisi atas tangki dan di bawah adalah air dingin maka, ketika konsumen menggunakan air panas tidak berapa lama air sudah dingin. jadi yang terpakai hanya air panas yang ada di permukaan saja . air tidak panas merata di seluruh tangki.

 

Lantas bagaimana agar kita dapat selalu mendapatkan air panas dalam segala kondisi cuaca ? Jawabannya adalah menggunakan Electrik Heater sebagai backup atau cadangan jika kondisi cuaca tidak memungkinkan seperti itu. Pada Unit Wika Solar Water Heater biasanya di lengkapi oleh Electrik Heater yang berfungsi untuk bisa memanaskan air di tangki pada saat kondisi matahari tidak mencukupi. Nah akan menjadi masalah adalah jika Electrik Heater ini tidak berfungsi sebagaimana layaknya.

 

Dikesempatan inilah sebagaimana judul diaatas yaitu tentang kelistrikan Solar Water Heater maka saya akan menjelaskan komponen apa saja yang ada di kelistrikan Solar Water Heater .  

 

sistem-elektrik-solar-water

 

Kelistrikan Wika Solar Water Heater  Terdiari dari 4 komponen sebagai berikut :

1 . MCB ( Mini Circuit Breaker )

2. ELCB ( Earth Leakage Circuit Breaker )

3. Thermostat 

4. Elemen Heater / Electric Heater

 

Jika salah satu dari 4 komponen tersebut tidak berfungsi dalam menyalurkan arus listrik maka Electrik Heater di Solar Water Heater tidak akan berfungsi dan tidak mampu memanaskan air di dalam tangki.

untuk itulah pada saat Wika Solar Water Heater atau Pemanas Air Matahari tidak menghasilkan panas seperti biasanay maka kita harus mengecek satu persatu dari empat komponen tersebut. mencari titik masalahnya dan lalu mengatasinya.

 

Demikian sekelumit tentang kelistrikan Pemanas Air Matahari atau Solar Water Heater, untuk penjelasan masing masing komponen tersebut dan bagaimana cara pengecekan dan mengatasinya akan saya bahas di tulisan beikutnya.    Terima Kasih

 

stempel-KIP-tran3-50x50

PT. Kitaja Indo Perkasa

Jl Tanah Merdeka No 7 Jakarta Timur

Telp : 021-2983 5775, 2982 5071 , Fax : 021-29825071

0852 830 18418