Bagaimana Memilih Pemanas Air ?

Ketika memilih pemanas air yang baru untuk rumah Anda, hendaknya anda memilih sistem pemanas air yang tidak hanya akan menyediakan air panas yang cukup tapi juga yang memiliki efisiensi energi, dan mampu menekan biaya.selain itu juga termasuk mempertimbangkan berbagai jenis pemanas air yang tersedia dan  ukuran yang tepat dan sumber bahan bakar untuk rumah Anda.

 

JENIS PEMANAS AIR

 

Ini adalah cara yang baik untuk mengetahui berbagai jenis pemanas air yang tersedia sebelum Anda membeli satu: 

~ Pemanas Air dengan Tangki Penyimpanan

~ Tankless atau tipe pemanas air instan tanpa menggunakan tangki penyimpanan

~ Heat Pump water heater memindahkan panas dari satu tempat ke tempat lain bukan menghasilkan panas langsung untuk menyediakan air panas

~ Pemanas Air Tenaga Surya menggunakan panas matahari untuk menyediakan air panas

~ Pemanas air energi listrik

~ Pemanas Air dengan energi gas dan BBM

 

KRITERIA SELEKSI

 

Ketika memilih jenis terbaik dan model pemanas air untuk rumah Anda, pertimbangkan hal berikut:

Jenis bahan bakar, ketersediaan dan biaya. Jenis bahan bakar atau sumber energi yang Anda gunakan untuk memanaskan air tidak hanya akan mempengaruhi biaya operasional tahunan pemanas air, tetapi juga ukuran dan efisiensi energi. Lihat di bawah untuk lebih lanjut tentang memilih jenis bahan bakar.

Ukuran. Untuk menyediakan rumah Anda dengan air panas yang cukup dan untuk memaksimalkan efisiensi, Anda perlu pemanas air dengan ukuran yang sesuai. 

Efisiensi energi. Untuk memaksimalkan energi dan penghematan biaya, Anda harus tahu bagaimana hematnya energi pemanas air sebelum Anda membelinya. 

Biaya. Sebelum Anda membeli pemanas air, ide yang baik juga untuk memperkirakan biaya operasi tahunan dan membandingkan biaya-biaya dengan tipe pemanas air hemat energi lainnya. 

Juga pastikan untuk melakukan apa yang Anda bisa untuk mengurangi penggunaan air panas Anda . 

 

JENIS BAHAN BAKAR, KETERSEDIAAN DAN BIAYA UNTUK PEMANASAN AIR

 

Ketika memilih pemanas air yang baru, penting untuk mempertimbangkan apa jenis atau sumber energi bahan bakar yang akan Anda gunakan, termasuk ketersediaan dan biaya. Bahan bakar yang digunakan oleh sistem pemanas air tidak hanya akan mempengaruhi biaya operasional tahunan tetapi juga ukuran pemanas air dan efisiensi energi.

 

MENJELAJAHI HEATER PILIHAN AIR OLEH JENIS BBM

 

Jenis bahan bakar dan ketersediaan di wilayah Anda mungkin mempersempit pilihan pemanas air Anda. Berikut ini adalah daftar pilihan pemanas air dengan bahan bakar atau sumber energi:

 

~ Listrik 

~ Bahan bakar minyak 

~ Energi panas bumi 

~ Gas alam 

~ Energi matahari 

 

MEMBANDINGKAN BIAYA BAHAN BAKAR DAN JENIS WATER HEATER

 

Jika Anda memiliki lebih dari satu jenis bahan bakar yang tersedia di wilayah Anda, adalah ide yang baik untuk membandingkan biaya bahan bakar, terutama jika Anda sedang membangun sebuah rumah baru. Bahkan jika Anda mengganti pemanas air, Anda mungkin menemukan bahwa Anda akan menghemat lebih banyak uang dalam jangka panjang jika Anda menggunakan bahan bakar yang berbeda atau sumber energi. Hubungi utilitas Anda untuk biaya bahan bakar saat ini atau harga.

Jenis pemanas air yang Anda pilih juga akan mempengaruhi biaya pemanasan air Anda. Salah satu jenis pemanas air dapat menggunakan jenis bahan bakar lebih efisien daripada jenis lain dari pemanas air. Sebagai contoh, sebuah heat pump water heater biasanya lebih efisien daripada pemanas air energi listrik umumnya. Juga heat pump water heater memiliki biaya energi yang lebih rendah karena efisiensi yang lebih tinggi daripada pemanas air berbahan bakar gas, meskipun biaya gas alam lokal mungkin lebih rendah dari tarif listrik.

 

sumber : disini

stempel-KIP-tran3-50x50

PT. Kitaja Indo Perkasa

Jl Tanah Merdeka No 7 Jakarta Timur

Telp : 021-2983 5775, 2982 5071 , Fax : 021-29825071

0852 830 18418